Study ExCursie Calon Akuntan FE Keliling Jawa

Sebanyak 60 mahasiswa/i dan dosen program studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang (UNISMA) mengunjungi PT. Bursa Efek Indonesia , Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI), PT. Caladi Lima Sembilan (C59) Pusat Industri Kecil Mikro dan Menengah di Malioboro Jogjakarta, Universitas Islam Sultan Agung Semarang dalam rangka kegiatan Study Excursie (SE).  Kunjungan industri ini sendiri dilaksanakan pada 14-17 Mei 2017. Kegiatan ini  secara resmi dimulai pada Minggu, 14 Mei 2017 pukul 08.00 WIB seiring pelepasan rombongan oleh Dekan Fakultas Ekonomi Unisma, Nur Diana, SE, M.Si di halaman depan kampus Unisma. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan pesan agar mahasiswa fokus dengan tujuan utama study exCursie yaitu menimba ilmu pada dunia industri agar tidak terjadi gap yang tajam antara teori dengan praktik. Selama ini FE Unisma telah menjalin kerjasama dengan PT. Bursa Efek Indonesia dan IAPI maka sudah seyogyanya mahasiswa/i FE Unisma menimba ilmu disana.

 

Peserta Studi ExCursie periode 14-17 Mei 2017 ini adalah Himaprodi Akuntansi FE Unisma yang dipimpin oleh Karlina DNC dan didampingi oleh 2 dosen Fakultas Ekonomi Unisma Program Studi Akuntansi, yaitu Hariri, SE, M.Ak dan Ayub Wijayati Sapta P, SE, M.Si.

 

“Tujuan dari kegiatan SE di Jakarta, Bandung, Semarang dan Yogyakarta ini adalah untuk memberikan pengalaman riil kepada mahasiswa tentang dunia praktik industri. Juga untuk membentuk karakter mahasiswa/i agar mampu menyiapkan diri dengan tantangan dan lingkungan dunia kerja”, pungkas Karlina DNC selaku ketua Panitia

 

 

Hari pertama kegiatan kunjungan industri ini diawali dengan berkunjung ke PT. Bursa Efek Indonesia di Jakarta. Rombongan diterima oleh Ira Shintya, Kepala Divisi Humas dan Divisi Edukasi PT. Bursa Efek Indonesia. Pada kesempatan ini,  mahasiswa/i diberikan sosialisasi mengenai bagaimana PT. BEI bekerja dan simulasi trading saham yang dilanjutkan sesi tanya jawab. Pada akhir sesi diberikan cinderamata dari FE Unisma yang diwakili oleh Hariri, SE, M.Ak.

 

 

Usai berkunjung ke PT. BEI, rombonganpun beralih menuju Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) yang saat ini telah bekerja sama dengan FE Unisma dalam penguatan kompentensi akuntan yang diwujudkan dengan hadirya CPA Test Center di FE Unisma. Saat di IAPI mahasiswa menerima sosialisasi dari Dewan Sertifikasi IAPI, Trianto (Perwakilan Kemenkeu), Remona A. (Ketua Divisi Sertifikasi IAPI), dan Franky Setiawan (Direktur Eksekutif IAPI). Mahasiswa/i tampak antusias bertanya terkait dengan prosedur yang jelas dalam memperoleh sertifikasi CPA, mata ujian apa saja yang diujikan dan lain sebagainya. Pada akhir sesi ini pula diberikan cinderamata dari FE Unisma yang diwakili oleh Ayub Wijayati Sapta P, SE, M.Si.

 

 

Hari kedua kunjungan industri dilanjutkan ke kota Bandung dimana rombongan menuju pusat UMKM yaitu perusahaan kaos C59. Pada perusahaan ini mereka banyak menimba ilmu kewirausahaan, mulai bagaimana membangun sebuah perusahaan yang awalnya kecil kemudian bisa memasarkan produknya (kaos C59) hingga ke mall-mall besar di tiap daerah. Mahasiswa juga diberi penjelasan tentang  proses produksi kaos C-59 yang dimulai bagian afdruk, sablon, potong kain, bagian jahit, hingga finishing (termasuk sortir/qualitycontrol).

 

Semoga dengan adanya kegiatan ini rombongan Himaprodi Akuntansi dapat membawa ‘oleh-oleh’ yang dapat memberikan nilai tambah bagi masa depan mereka, Amin.

 

Kategori : Berita FE UNISMA
Redaksi : Nur Diana

Penerbit : Alfian Budi Primanto


Jangan Lewatkan Kabar Terbaru dari Kami!

Berita Terbaru