Heboh, Baru Tiba di Indonesia Profesor Ini Kenalkan Temuan Akuntasi Terbaru

Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang kembali menggelar seminar internasional bertema "Accounting Rules: Trading Incentives and Systemic Risk" dengan pembicara Prof. Cotibhak (Pab) Jotikasthira yang merupakan Asc. Profesor Keuangan dari Edwin L. Cox of Business School dan Southern Methodist University. Acara yang diadakan oleh FE UNISMA  bekerjasama dengan IFMA (The Indonesian Management Association) ini dilaksanakan pada hari Kamis 27 Juli 2017 mulai pukul 08.30 – 12.00 WIB di  Hall Abdurahman Wahid, Gedung Pascasarjana lt. 7, Universitas Islam Malang.

 

 

Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang, Nur Diana, SE., M.Si, menyatakan bahwa pelaksanaan kegiatan seminar internasional ini merupakan puncak dari serangkaian agenda kegiatan dalam rangka perayaan Dies Natalis Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang ke-36. Beliau berharap seluruh mahasiwa/i mampu mendapatkan wawasan global dan memiliki pemahaman yang lebih mendalam terkait pentingnya mengetahui peran akuntansi (MTM dan HCA) dan kebijakan permodalan dalam mempengaruhi keputusan investor untuk membeli/menjual suatu saham serta dampak spillover akibat adanya keputusan investor tersebut melalui seminar ini. Selanjutnya, Wakil Rektor I Universitas Islam Malang, Junaidi Mistar, Ph.D menyampaikan apresiasinya pada dekanat, seluruh dosen, karyawan, dan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang yang terus berpacu untuk senantiasa mengembangkan diri. Beliau juga mengharapkan dengan kehadiran pemateri bereputasi dari kalangan akademisi internasional ini mampu menjadi titik awal dalam membangun hubungan yang simbiosis mutualisme di masa yang akan datang.

 

 

Prof. Cotibhak (Pab) Jotikasthira sendiri mempresentasikan hasil risetnya dengan menarik dan mudah untuk dipahami oleh seluruh peserta seminar. Waktu 2 jam-pun tidak terasa telah usai berlalu ketika beliau mempresentasikan slide terkait pengaruh kebijakan MTM (Market to Market) dan HCA (Historical Cost Accounting) dalam pengendalian munculnya resiko sistemik yang disarikan dari 2 jurnal karangan beliau yaitu “Is  Historical  Cost  Accounting  a  Panacea?  Market  Stress,  Incentive  Distortions,  and Gains  Trading” (2015) dan  “Mark-to-Market  Accounting  and  Systemic  Risk:  Evidence  from  the  Insurance industry”  Economic  Policy  (2014). Satu insight berharga yang didapat dalam paparan beliau adalah MTM (kebijakan Market To Market) ternyata mampu memberikan informasi yang lebih bermanfaat dalam kegiatan jual/beli saham.  Adapun gangguan yang didapatkan dari faktor MTM  ternyata tidak bisa dijelaskan dengan baik oleh faktor HCA (kebijakan Historical Cost Accounting). Penggunaan HCA justru hanya akan menghasilkan ex-ante incentives untuk pengambilan resiko yang berlebihan hingga dapat memberikan dampak spillover. Dalam riset ini beliau menggunakan industri asuransi sebagai obyek penelitiannya.

 

 

Acara ini dihadiri tidak kurang dari 500 peserta yang berasal (tidak hanya) internal Universitas Islam Malang melainkan juga perwakilan peneliti, dosen, mahasiswa S1 dan Pascasarjana dari sejumlah Perguruan Tinggi Negeri, Perguruan Tinggi Swasta, dan Sekolah Tinggi dari seluruh Jawa Timur. Kegiatan seminar-pun diakhiri dengan sesi tanya jawab yang disambut antusias oleh seluruh peserta seminar dilanjutkan dengan tradisi foto bersama.

 

 

Akhir kata, terimakasih atas segala dukungan dan peran keterlibatan secara aktif baik dari seluruh panitia maupun peserta yang hadir dalam seminar kali ini. Sampai bertemu pada kegiatan-kegiatan heboh Fakultas Ekonomi selanjtnya :)

 

Materi Seminar Internasional :

Jurnal Historical Cost Accounting

Jurnal Market to Market

Slide Presentasi

 

Adapun rekaman keseluruhan rangkaian acara seminar ini dapat dilihat di bawah ini

 

 

Kategori : Berita FE UNISMA
Redaksi : Alfian Budi Primanto

Penerbit : Alfian Budi Primanto


Jangan Lewatkan Kabar Terbaru dari Kami!

Berita Terbaru