FEB UNISMA Gelar Webinar Hibrid Unshakeable Personal Branding

Sebagai kegiatan lanjutan Program Etika Pengembangan Diri, FEB Unisma menggelar webinar hybrid dengan acara bertajuk “Unshakeable Personal Branding” yang berlangsung di Aula Hall Gedung Pasca Sarjana Lt.7 (Rabu, 15 Desember 2021) yang diisi oleh Leonard Hendrik Moeri, S.Sos., M.M selaku Human Capital Unit Manager Marketing Operation Region VII Wilayah Papua Maluku PT.Pertamina. Acara ini diikuti oleh seluruh mahasiswa peserta Etika Pengembangan Diri baik secara luring dan daring. 

Nur Diana, S.E., M.Si, selaku dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unisma dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan Personal Branding ini telah dirintis oleh FEB Unisma sejak 2021 dalam rangka untuk mendukung calon lulusan untuk berwirausaha, untuk berinteraksi dengan dunia kerja, agar menjadi calon lulusan yang berdaya saing. 
“Program Etika Pengembangan Diri ini  akan diisi oleh para pakar  seperti HRD dari berbagai perusahaan, Psykholog, pakar kepribadian, motivator dll. Seeprti saat ini kita mengundang Leonard, beliau merupakan Human Capital dari PT.Pertamina, paham betul bagaimana kebutuhan sumber daya manusia yang dibutuhkan oleh dunia Industri. Bahkan nanti ada pakar kepribadian yang nantinya akan me-make over penampilan Saudara dan ada juga psikolog dan sebagainya,” ujar Diana di hadapan mahasiswa.

Lebih lanjut Diana menjabarkan bahwa  fresh graduate perlu memahami bahwa  tingginya persaingan di dunia kerja, Berdasarkan data BPS, jumlah angkatan kerja Indonesia pada Februari 2020 adalah sebanyak 137,91 juta orang dengan pengangguran sebanyak 6,88 juta orang. Jumlah pengangguran tersebut mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya sebanyak 0,06 juta (60.000 orang). Hal ini menunjukkan bahwa persaingan untuk mendapatkan pekerjaan semakin sulit.  Dengan  memiliki personal branding yang baik, peluang kamu untuk mendapatkan pekerjaan semakin besar. pemberi kerja pada saat ini membutuhkan informasi selain dari CV dan portofolio.

“Perusahan ingin mengenal kandidat pencari kerja  terkait keahlian apa yang membedakan dari kandidat lainnya,  kepribadian di luar lingkungan kerja, dan juga bagaimana kamu menggunakan media sosial.  Dengan memiliki personal branding, maka mereka akan lebih tertarik kepada diri anda  dari pada calon kandidat yang lain” tukas Diana 

FEB Unisma ingin pada calon lulusannya memiliki persiapan dini dengan mengenal keunggulan dan kekurangannya, dan mengerti bagaimana kekurangan itu bisa ditutupi melalui keunggulan yang dimilikinya. Hadir dalam kegiatan ini Leonard dalam pemaparannya menyampaikan bagaimana cara membentuk personal branding yang sudah bisa dibangun semenjak masih menjalani kuliah sampai dengan lulus sehingga memiliki nilai lebih yang bisa digunakan untuk melamar suatu pekerjaan.

Menurutnya dengan memiliki personal branding akan terlihat lebih berbeda. Penempatan citra diri yang  ditampilkan ditambah dengan bukti portofolio, akan membuat  para pelamar  lebih menonjol dari yang lainya.
“Jika  teman-teman  memiliki keahlian dan minat pada sebuah bidang. Maka manfaatkan semua media yang ada untuk menunjukkan hasil karya yang telah kamu buat. Dengan melakukannya secara rutin, maka kamu telah membangun personal branding” tuturnya


Jangan Lewatkan Kabar Terbaru dari Kami!

Berita Terbaru