Sejarah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang

Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang didirikan pada tanggal 11 Juni 1981 atas prakarsa beberapa tokoh pendidikan dan para ulama di Malang. Pendirian ini dimaksudkan untuk ikut berpartisipasi dalam menyukseskan Pembangunan Nasional, khususnya pada program peningkatan sumber daya manusia di bidang pendidikan yang menguasai ilmu pengetahuan dengan tetap berlandaskan pada Islam Ahlussunnah Wal Jama'ah. Adapun unsur pelaksana akademis Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang (berdasarkan Keputusan Rektor tertanggal 15 Juni 1981) pada periode tersebut adalah sebagai berikut :

Dekan Dra. Muryati

Wakil Dekan I Drs. Umar Burhan, M.Sc.

Wakil Dekan II Drs. Hartoko, MBM

Wakil Dekan III Drs. M. Pudjihardjo

Sekretaris MK. Burhanul Arifin, BA

Namun setelah beberapa bulan berjalan, Drs. Hartoko, MBM., mendapatkan tugas keluar propinsi, sehingga Wakil Dekan II digantikan oleh MK. Burhanul Arifin, BA. Pada Oktober 1983, Status Terdaftar diperoleh jurusan Manajemen untuk program Sarjana Muda Negara. Sejak saat itu terjadi perluasan struktur organisasi dengan susunan sebagai berikut:

Dekan Dra. Muryati

Pembantu Dekan I Drs. Umar Burhan, M.Sc.

Pembantu Dekan II MK. Burhanul Arifin, BA

Pembantu Dekan III Drs. M. Pudjihardjo

Ketua Jurusan Manajemen Dra. Nis Djazi'ah

Kepala Tata Usaha Suyoto Vasa, BA

Kepala Bagian Pengajaran Drs. Goerid Hardjito

Tertanggal 18 Februari 1985 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen berhasil meningkatkan status dari Program Sarjana Muda menjadi Program Sarjana Strata 1 (S-1). Dengan status tersebut mahasiswa Fakultas Ekonomi Unisma Jurusan Manajemen berhak menempuh Ujian Negara Sarjana. Pada tahun yang sama (1985), Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang mendirikan Program Studi Akuntansi sehingga terjadi perluasan struktur organisasi kembali seperti berikut ini:

Dekan Dra. Muryati

Pembantu Dekan I Drs. Umar Burhan, M.Sc.

Pembantu Dekan II MK. Burhanul Arifin, BA

Pembantu Dekan III Drs. M. Pudjihardjo

Ketua Jurusan Manajemen Dra. Nis Djazi'ah

Ketua Jurusan Akuntansi Dra. Nurhajati

Tanggal 1 Agustus 1987, Jurusan Akuntansi Program S-1 memperoleh status TERDAFTAR dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, menyusul dua tahun kemudian, tepatnya tanggal 1 Agustus 1989, Jurusan Manajemen memperoleh peningkatan status menjadi DIAKUI dari Menteri Pendidikan dan Budaya. Tanggal 23 Desember 1989 terjadi perubahan susunan pimpinan Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang dengan susunan sebagai berikut ini:

Dekan Drs. H. M. Pudjihardjo, MS.

Pembantu Dekan I Drs. Goerid Hardjito

Pembantu Dekan II Dra. Maslichah

Pembantu Dekan III Drs. NC. Askandar, SH.

Ketua Jurusan Manajemen Drs. Agus Suman

Ketua Jurusan Akuntansi Dra. Nis Djazi'ah

Sehubungan Drs. Agus Suman yang mendapatkan tugas belajar untuk mengikuti program S-2 di Prancis maka terjadi perubahan susunan pimpinan Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang dengan Drs. A. Yusuf Imam Suja'i sebagai Ketua Jurusan Manajemen. Dua tahun kemudian, tepatnya 28 April 1992, Program Studi Akuntansi juga mengalami peningkatan status menjadi DIAKUI dari Dirjen Dikti. Pada tahun 1995 terjadi perubahan susunan pimpinan Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang dengan susunan sebagai berikut ini:

Dekan Hj. Nurhajati, SE., MS.

Pembantu Dekan I Drs. A. Yusuf Imam Suja'i

Pembantu Dekan II Dra. Maslichah

Pembantu Dekan III Irwan Gunawan, SE.

Ketua Jurusan Manajemen Agus Widarko, SE.

Ketua Jurusan Akuntansi Noor Shodiq Askandar, SE.

Sekretaris Jurusan Manajemen Budi Wahono, SE.

Sekretaris Jurusan Akuntansi Moh. Amin, SE.

Dikarenakan pada tahun 1999, Drs. A. Yusuf Imam Suja'i, SE., MP. melanjutkan studi S-3 dan Budi Wahono, SE. melanjutkan studi S-2 maka kembali terjadi perubahan susunan pimpinan Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang dengan Irwan Gunawan, SE. yang menjabat sebagai Pembantu Dekan I dan Drs. Muhammad Hufron yang menjabat sebagai Sekretaris Ketua Jurusan Manajemen. Pada tahun 1996, terjadi peningkatan status Program Studi Manajemen dan Akuntansi menjadi DISAMAKAN dari Dirjen Dikti. Sejalan dengan kepercayaan masyarakat yang semakin meningkat, pada tahun 1998 Program Studi S-1 Manajemen dan Program Studi S-1 Akuntansi memperoleh status TERAKREDITASI dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. Pada periode 1999-2003 terjadi perubahan susunan pimpinan Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang dengan susunan sebagai berikut ini:

Dekan Hj. Nurhajati, SE., MS.

Pembantu Dekan I Drs. Muhammad Hufron MM.

Pembantu Dekan II N. Rachma, SE., MM.

Pembantu Dekan III Noor Shodiq Askandar, SE.

Ketua Jurusan Manajemen Budi Wahono, SE.

Ketua Jurusan Akuntansi Abdul Wahid M., SE.

Sekretaris Jurusan Manajemen Irfah Rasyidah, SE.

Sekretaris Jurusan Akuntansi Moh. Amin, SE.

Pada tahun 2000, Program Studi Akuntansi melakukan reakreditasi dan berhasil memperoleh status TERAKREDITASI dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. Pada periode 2003-2007 terjadi perubahan susunan pimpinan Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang dengan susunan sebagai berikut ini:

Dekan Hj. Maslichah, SE., M.Si., AK.

Pembantu Dekan I Drs. Muhammad Hufron MM.

Pembantu Dekan II N. Rachma, SE., MM.

Pembantu Dekan III Noor Shodiq Askandar, SE., MM.

Ketua Jurusan Manajemen Budi Wahono, SE.

Ketua Jurusan Akuntansi Nur Diana, SE., M.Si.

Sekretaris Jurusan Manajemen Afi Rahmat Saleh, SE.

Sekretaris Jurusan Akuntansi Moh. Amin, SE., M.SA.

Pada tahun 2004 dan 2006, Program Studi Manajemen dan Akuntansi berhasil mempertahankan status TERAKREDITASI dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. Pada periode 2007-2011 terjadi perubahan susunan pimpinan Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang dengan susunan sebagai berikut ini:

Dekan Hj. Maslichah, SE., M.Si., AK.

Pembantu Dekan I Irfan Gunawan, SE., MM.

Pembantu Dekan II N. Rachma, SE., MM.

Pembantu Dekan III Rois Arifin, SE., MM.

Ketua Jurusan Manajemen Drs. Muhammad Hufron, MM.

Ketua Jurusan Akuntansi Nur Diana, SE., M.Si.

Sekretaris Jurusan Manajemen Afi Rahmat Saleh, SE.

Sekretaris Jurusan Akuntansi Moh. Amin, SE., M.SA.

Empat tahun kemudian, tepatnya tahun 2010 Program Studi Manajemen berhasil mempertahankan status TERAKREDITASI dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. Pada periode 2011-2015 terjadi perubahan susunan pimpinan Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang dengan susunan sebagai berikut ini:

Dekan Noor Shodiq Askandar, SE., MM.

Pembantu Dekan I Hj. Jeni Susiyanti, SE., MM., BKP

Pembantu Dekan II Drs. Muhammad Hufron, MM.

Pembantu Dekan III Agus Widarko, SE., MM.

Ketua Jurusan Manajemen Ronny Malavia, SE., MM.

Ketua Jurusan Akuntansi Afifudin, SE., M.SA., Akt.

Sekretaris Jurusan Manajemen Budi Wahono, SE., MM.

Sekretaris Jurusan Akuntansi M. Cholid Mawardi, SE., MM.

Tepatnya pada tahun 2012, Program Studi Akuntansi berhasil mempertahankan status TERAKREDITASI "B". Adapun, Program Studi Manajemen berhasil meningkatkan status menjadi TERAKREDITASI "A" pada tahun 2015. Tahun 2017 akreditasi Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang mengalami kenaikan menjadi TERAKREDITASI "A" BANPT DIKTI. Pada tahun yang sama pula, Fakultas Ekonomi Universitas Malang memiliki program studi baru yaitu Perbankan Syariah. Tahun 2018 nama Fakultas Ekonomi berubah menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang.


Jangan Lewatkan Kabar Terbaru dari Kami!