Usai Tandangani MoA, FEB UNISMA,Gelar Uji Sertifikasi Kompetensi Digital Marketing

Closing Ceremony Digital Marketing Practinioer Course Batch 1dan penandatanganan MoA antara FEB  UNISMA dengan Asosiasi Digital Marketing Indonesia dan LSP Digital Marketing Indonesia pada Jumat, 22 Juli 2022 di  Hall K.H Abdurrahman Wahid. FEB UNISMA ditindaklanjuti dengan mengadakan uji sertifikasi kompetensi Digital Marketing yang diselenggarakan pada 23 sd 24 Juli 2022. Ujian sertifikasi yang digelar  dengan menggandeng Lembaga sertifikasi Profesi Digital Marketing Indonesia bertempat di Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang Lantai 1,2 dan 3 dan Gedung Usman Bin Afan Lantai 3 diikuti 700 peserta.

Dalam kegiatan ini Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang mengatakan bahwa kebutuhan sumberdaya manusia yang memiliki kompetensi bidang digital marketing sebagai imbas  tuntutan era 4.0 semakin tinggi sementara ketersediaan sumberdaya manusia yang memiliki kompetensi tersebut masih terbatas. Apalagi survey World Economics Forum 2021 menunjukan digital marketing merupakan salah satu dari sepuluh future jobs paling dicari di era transformasi digital.

“Untuk itulah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang sudah mempersiapkan kebutuhan SDM sesuai karakter 4.0 sejak tahun 2017 dengan meredisain kurikulum berbasis Era 4.0,MBKM dan OBE, Menggandeng berbagai mitra industry dan asosiasi profesi,Implementasi MBKM, meningkatkan kompetensi SDM, Meningkatkan fasilitas sarana prasarana sesuai kebutuhan RI 4,0 dll “ tutur Diana.

Menurutnya kemampuan akademis mahasiswa telah mendapatkan pengakuan berupa Ijasah S1, namun untuk pengakuan kompetensi kerja pada jenis profesi tertentu perlu adanya pengakuan berupa sertifikat kompetensi seperti komptensi bidang digital marketing, komptensi bidang Human Resources Management, digital Accounting dll.

Dekan yang getol melakukan berbagai gebrakan inovatif dan kreatif dalam upaya menciptakan lulusan yang kompeten dan berdaya saing ini    mengatakan bahwa uji kompetensi itu guna memenuhi tuntutan atas pengakuan ketrampilan, khususnya di bidang digital marketing. Hal ini menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas calon lulusan dan harus  dimiliki mahasiswa agar mendukung salah satu profil dari lulusan prodi Manajemen yaitu menjadi digital marketer.

Lebih Lanjut Diana mengungkapkan bahwa  uji sertifikasi kompetensi digital marketing bertujuan untuk mengukur pengetahuan dan kemampuan mahasiswa dalambidang digital marketing. Calon lulusan dapat memiliki bukti kompetensi dari kemampuannya yang dapat dimanfaatkan sebagai salah satu alat daya saing di dunia industri yang akan mereka masuki setelah menyelesaikan masa studinya,” katanya.

Diana berharap dengan lulusan  FEB UNISMA yang berbekal sertifikat kompetensi bisa memberikan kemudahan bagi calon lulusan  Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang dalam memperoleh pekerjaan di dunia industri. Selain itu, mampu menjadi wirausaha di bidang teknologi, misalnya start up (usaha rintisan) yang saat ini sedang berkembang pesat.Karena di era ini, hampir semua perusahaan atau industri mengutamakan kemampuan karyawannya.

Sedangkan Dian Martin, selaku Ketua Asosiasi digital Marketing Indonesia dalam pembukaan Ujian Sertifikasi kompetensi mengatakan bahwa Langkah FEB UNISMA menjawab kebutuhan Future Jobs di era Transformasi Digital sangat tepat, “.

“Dengan berbagai geliat inovasi yang dilakukan FEB UNISMA untuk menjawab tantangan Era Transformasi Digital melalui perombakan kurikulum, Sekolah Digital marketingbahkan sampai sertifikasinya merupakan Langkah kongkret dalam memenuhi kebutuhan tenaga kerja di masa kini maupun masa depan” tuturnya
“ Bahkan dari hasil survey yang dilakukan oleh Asosiasi digital marketing menunjukkan bahwa dari 4.4460 Perguruan tinggi yang ada di Indonesia hanya 3% yang adaptif terhadap kebutuhan profesi ini, salah satunya FEB UNISMA” ungkapnya

Sementara itu Satria Setiyadi selaku Direktur Digital Marketing Indonesia mengatakan bahwa Kerjasama dengan FEB UNISMA dalam rangka memberikan ujian sertifikasi kompetensi Digital Marketing merupakan langkah yang sangat tepat bagi terobosan untuk mewadahi   penciptaan SDM Kompeten dan berdaya saing dengan memberikan recognisi yang tepat. Menurutnya  Kebutuhan tenaga kerja tersertifikasi dari waktu ke waktu di berbagai sektor industri semakin meningkat,maka kehadiran BNSP melalui Lembaga Sertifikasi Profesi Digital Marketing yang merupakan LSP P3 diharapkan bisa memenuhi kebutuhan tersebut.


Jangan Lewatkan Kabar Terbaru dari Kami!

Berita Terbaru