Pengaruh Pesaing, Pemasok, dan Pelanggan pada Keberhasilan UKM Material Dasar dan Logam

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lingkungan industri pesaing, pemasok, dan pelanggan terhadap keberhasilan usaha industri kecil dan menengah di kota malang (studi pada kelompok industri material dasar dan logam). Sampel dalam penelitian ini adalah pengusaha industri kecil dan menengah di Kota Malang dalam kelompok Industri Material Dasar dan Logam (IMDL) sebanyak 62 pengusaha. Metode analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linier berganda dengan hasil : 1) Secara simultan variabel pesaing, pemasok, dan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap keberhasilan usaha industri kecil dan menengah di Kota Malang, 2) Secara parsial variabel pesaing, pemasok, dan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap keberhasilan usaha industri kecil dan menengah di Kota Malang, dan 3) Variabel pesaing merupakan variabel yang berpengaruh dominan terhadap keberhasilan usaha industri kecil dan menengah di Kota Malang.

 

 

Kategori : Riset dan Analisa FE UNISMA
Penulis : Budi Wahono
Redaksi  : Alfian Budi P


Jangan Lewatkan Kabar Terbaru dari Kami!

Berita Terbaru