Miris Lihat Koperasi Bangkrut, Dosen FEB UNISMA Ciptakan Formula Koperasi Berdaya Saing Melalui Strategi Customer Focus

Anggapan bahwa koperasi di Indonesia adalah badan usaha yang tidak mempunyai daya saing setidaknya menarik minat Ita Athia, S.Sos, MM melakukan penelitian koperasi. “Kondisi empiris mengungkapkan bahwa koperasi belum bisa mensejahterakan anggotanya sendiri, bahkan banyak koperasi yang mengalami kegagalan dan bubar akibat berbagai faktor. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan perspektif kepada koperasi tentang pentingnya menggarap anggota dengan menggunakan customer focus dengan mempertimbangkan faktor internal dan eksternal yang dimiliki koperasi itu sendiri. Dengan strategi customer focus, koperasi tidak harus memenangkan persaingan dengan cara mencari banyak pelanggan baru, melainkan memenangkan persaingan dengan cara fokus kepada anggota yang loyal. Anggota yang loyal akan tetap bertahan dan mendukung perusahaan bahkan pada saat perusahaan tersebut berada pada kondisi yang paling buruk,” buka dosen baru Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang (FEB UNISMA) ini.

“Penelitian menyimpulkan bahwa penerapan strategi customer focus dalam daya saing koperasi berpengaruh secara signifikan. Faktor internal dan eksternal merupakan variabel moderating yang bisa dipakai bersama-sama customer focus untuk menambah peningkatan daya saing koperasi. Faktor internal berperan untuk mempertahankan loyalitas anggota dalam berkoperasi. Anggota koperasi mempertahankan keanggotaannya dikarenakan oleh adanya faktor yaitu: adanya kesempatan bagi anggota untuk berpartisipasi aktif dalam koperasi, koperasi menyediakan akses pemasaran yang digunakan untuk pengembangan usaha anggotanya, dan koperasi didukung oleh pengurus, manajer, dan karyawan yang handal dalam melaksanakan tugasnya. Akan tetapi ada faktor eksternal yang secara langsung berpengaruh negatif terhadap daya saing koperasi, yaitu stigma negatif dari masyarakat, sehingga menghambat pertambahan anggota baru. Beberapa faktor internal dan eksternal pada koperasi perlu dipertahankan dan harus mendapatkan perhatian lebih untuk mendukung keberhasilan pelaksanaan customer focus sehingga koperasi bisa berdaya saing dengan badan usaha lainnya,“ pungkas dosen yang mempresentasikan artikel ini dalam The 3rd IRCMB yag diselenggarakan FEB UNISMA pada 11 Desember 2018 di Banyuwangi.


Jangan Lewatkan Kabar Terbaru dari Kami!

Berita Terbaru