Keliling Jawa Tengah, Himaprodi Manajemen FE Unisma Dapatkan 'Kesaktian' Baru

Mahasiswa Himaprodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang (FE Unisma) pada 1-5 Mei 2017 bertolak ke Yogyakarta, Pati, Semarang, dan Kudus guna melakukan kunjungan industri ke beberapa perusahaan dan perguruan tinggi yang ada di Jawa Tengah diantaranya ke PT. Dua Kelinci, PT. Nippon Sari Carpindo, Tbk. dan kunjungan perguruan tinggi ke Universitas Sultan Agung Semarang. Acara ini diikuti oleh 100 mahasiswa Prodi Manajemen didampingi oleh Ketua Program Studi Manajemen, Budi Wahono, SE, MM, dan dosen manajemen Dr. M. Agus Salim. Pemberangkatan studi banding ini dilaksanakan pada hari Senin tanggal 1 Mei 2017 dan dilepas oleh Dekan Fakultas Ekonomi Unisma, Nur Diana, SE, M.Si. Dalam sambutannya, Beliau mengapresiasi kegiatan studi banding sebagai program wajib yang bertujuan untuk melink-matchkan dunia industri dengan teori yang ada di bangku kuliah sehingga diharapkan memberikan value dalam mendukung kompetensi lulusan mahasiswa program studi manajemen yang terkait bidang pemasaran, manajemen stratejik, manajemen keuangan, sumber daya manusia, dan operasional. Mahasiswa ingin menggali ilmu di dunia praktik sehingga selayaknya mereka melakukan studi industri.

 

 

Hari pertama kunjungan studi industri dilaksanakkan di PT. Kacang Dua Kelinci yaitu perusahaan food & beverage ternama yang memproduksi kacang garing. PT. Dua Kelinci sendiri didirikan sejak tahun 1985 dan berlokasi di Pati, Jawa Tengah. Dalam perkembangannya hingga saat ini, PT. Dua Kelinci selalu menggunakan kacang tanah berkualitas dan memprosesnya dengan teknologi canggih sehingga menghasilkan produk kacang garing yang berkualitas.

 

 

Awalnya, PT. Dua Kelinci hanya menjual produk berupa kacang garing akan tetapi seiring perkembangan  permintaan pasar akhirnya perusahaan tersebut mengeluarkan berbagai varian produk, seperti kacang garing, kacang salut, dan juga makanan ringan, diantaranya pilus. "Inovasi produk oleh PT. Dua Kelinci ini menjadi salah satu alasan dan daya tarik tersendiri karena mengembangkan produk yang terbuat dari kacang-kacangan selain kacang tanah," ujar Ir. Ali Parkhan, MT selaku manajer produksi.

 

 

Kunjungan berikutnya adalah menuju PT. Nippon Sari Carpindo, Tbk yaitu perusahaan penghasil roti dengan merek Sari Roti. Mahasiswa Himaprodi Manajemen mendapatkan materi tentang proses produksi yang berkualitas, strategi pemasaran, merek, kemasan, dan lain sebagainya. Kunjunganpun tidak lupa dilanjutkan dengan masuk ke pabrik guna melihat proses produksi secara langsung.

 

Seusai melakukan kunjungan industri ini, rombongan FE Unismapun melanjutkan perjalan hingga tiba di Yogyakarta. Di Yogyakarta, Himaprodi Manajemen melakukan kunjungan UMKM Yogyakarta di kawasan Malioboro, pasar Beringharjo, dan Bantul guna melihat proses industri kerajinan batik, keramik, dan perak yang sangat terkenal di Yogyakarta. Dari serangkaian kunjungan industri ini juga dilaksanakan kunjungan silaturahmi ke Universitas Sultan Agung (Unisula) Semarang khususnya ke HMJM Fakultas Ekonomi Unisula. Tidak hanya berniat untuk melakukan silaturahmi, dalam kunjungannya ini dilakukan pula inisiasi kerjasama antar Himaprodi Manajemen FE Unisma dengan HMJM kerjasama program kerja dan studi banding dalam rangka peningkatan Capacity Building Prodi Manajemen FE Unisma yang telah meraih akreditasi A dari BAN Dikti.

 

Kategori : Berita FE UNISMA
Redaksi : Nur Diana

Editor : Alfian Budi Primanto


Jangan Lewatkan Kabar Terbaru dari Kami!

Berita Terbaru